makanan ikan cupang betta fish indonesia

Makanan Ikan Cupang: 5 Pilihan Terbaik dan Cara Mengatur Jadwal Makan

92 / 100

Kalau kamu bertanya-tanya apa makanan ikan cupang, atau seberapa banyak dan seberapa sering harus memberi makan, tenang, kamu tidak sendirian. Pertanyaan itu termasuk yang paling sering diajukan.

Ikan cupang termasuk selektif memilih makanan dan cenderung lebih suka makan di permukaan air daripada di substrat akuarium. Karena masuk jenis kanivora, mereka butuh gizi seimbang yang kaya protein.

Jangan percaya dengan anggapan ikan cupang cukup diberi makan akar tanaman.

Pilihan makanan ikan cupang paling populer di kalangan pemelihara adalah pelet ikan, karena sederhana dan efektif. Selain murah dan mudah didapatkan, memberi makan pelet sangat praktis

Sebenarnya makanan hidup dan cacing kering juga bagus sebagai makanan ikan cupang, untuk menyeimbangkan asupan gizi.

Untuk menjaga ikan cupang tetap sehat dan bahagia, ikuti setiap pedoman makanan dan pemberian makan di bawah ini:

Serba-serbi makanan Ikan Cupang

Ikan cupang tergolong karnivora, dan memakan serangga di alam bebas. Sebagian besar pemelihara cupang tidak punya waktu untuk menangkapi serangga secara rutin. Karena itu ada makanan khusus cupang untuk menjawab kebutuhan ini tanpa banyak tambahan kandungan yang sulit dicerna.

Yang terbaik adalah menyediakan berbagai pelet, betta flakes, makanan kering, makanan beku, dan makanan hidup sekaligus.

Yang penting jangan memberi makan yang ditujukan untuk ikan mas atau ikan tropis lain.

Masing-masing jenis makanan ikan cupang akan dibahas di bawah ini.

Ikan cupang memiliki saluran pencernaan yang sangat pendek dan tidak memproses bahan makanan seperti jagung dan gandum dengan baik. Bahan tersebut sering ditemukan di banyak makana ikan untuk umum.

Bagi ikan cupang bahan-bahan tersebut bisa berbahaya, karena bisa menimbulkan masalah lambung dan pencernaan.

Selain itu makanan umum tidak memberi manfaat nutrisi yang dibutuhkan ikan cupang. Lebih baik kamu menyediakan makanan tinggi protein untuk memenuhi kebutuhan mereka sebagai karnivora.

Pelet ikan cupang

pellet ikan cupang makanan ikan cupang
Betta fish pellet

Pelet adalah makanan ikan cupang yang paling gampang didapatkan di pasaran, dengan kualitas yang sangat bervariasi. Pelet terbaik untuk ikan cupang memiliki lebih sedikit filler dan lebih banyak bahan berkualitas tinggi yang membantu ikan berkembang biak.

Beberapa pelet ikan cupang mengembang secara signifikan setelah terkena air. Ini bisa menyebabkan masalah kembung dan pencernaan.

Kalau pelet yang kamu pilih bisa mengembang di dalam air, sebaiknnya rendam dulu sebelum diberi makan. Tujuannya agar jangan mengembang ketika sudah di lambung ikan cupang.

Cacing kering

cacing kering untuk ikan cupang
Cacing kering pakan ikan cupang

Cacing kering cukup bagus untuk menambah asupan gizi dalam bahan makanan ikan cupang, tetapi makanan ini tetap bukan pengganti cacing hidup. Cacing kering telah kehilangan kelembapannya dan mengandung filler untuk menjaganya tetap stabil.

Kalau kamu memberi cacing kering, dianjurkan untuk merendamnya sebelum diberi makan untuk menambah kelembaban dan meningkatkan kadar air.

Jangan menjadikan cacing kering sebagai menu satu-satunya, karena bisa membuat ikan cupang kembung dan sembelit.

Di sisi lain, manfaat dari cacing kering adalah bebas dari bakteri dan parasit, juga gampang dicari di toko ikan lokal dan online. Harganya pun relatif murah.

Betta flakes

betta flakes pakan ikan cupang
Betta flakes

Pilihlah flakes yang khusus dibuat untuk ikan cupang. Jangan memberi makan flakes untuk ikan tropis umum, karena kurang kandungan protein yang dibutuhkan ikan cupang. Betta flakes bisa menjadi makanan pokok.

Di sisi lain betta flakes bisa merepotkan. Sisa-sisa flakes yang tenggelam di akuarium mesti dibersihkan segera setelah diberi makan. Kalau tidak, sisa makanan ini bisa membusuk dan berubah jadi amonia yang beracun bagi ikan.

Makanan hidup dan makanan beku

Kalau stok makanan cupangmu hanya pelet, kamu kehilangan momen-momen ikan cupang berburu sebagaimana di alam liar. Ikan cupang adalah karnivora dan mereka menjadi agresif saat diberi makan hidup, karena harus mengintai dan memburu mangsanya. Ini menjadi cara terbaik untuk mengasah naluri agresif mereka.

Kekurangan makanan hidup adalah potensi kandungan parasit dan bibit penyakit. Karena itu carilah makanan hidup yang kualitasnya terjamin.

Jangan memberi makanan hidup yang kamu tangkap sendiri di luar ruangan, karena umumnya pemelihara cupang tidak punya pengetahuan membersihkan parasit dari makanan hidup.

Makanan beku juga pilihan yang bagus, agar bisa disimpan di freezer dalam waktu cukup lama. Cukup ambil sebanyak yang dibutuhkan dan masukkan kembali sisanya ke dalam freezer sebelum mencair.

Jangan membekukan lagi makanan yang telah mencair, karena dapat terkena bakteri.

Pilihan di bawah ini termasuk daftar favorit makanan ikan cupang:

1. Jentik nyamuk, hidup atau beku

jenitik nyamuk makanan ikan cupang

Jentik nyamuk termasuk jenis pokok makanan ikan cupang di habitat aslinya. Karenanya ini pilihan sangat bagus.

Jentik nyamuk cukup mudah didapat di toko-toko online. Kalau punya niat cukup, kamu juga sebetulnya bisa berternak jentik nyamuk sendiri dengan peralatan yang tepat.

Tapi itu tidak direkomendasi buat yang tidak punya ketelatenan cukup. Salah-salah malah nanti rumah kamu yang jadi sarang nyamuk.

2. Artemia atau brine shrimp, hidup atau beku

artemia untuk ikan cupang

Artemia juga disukai ikan cupang. Ukuran tubuh mereka kecil, sekitar 1 sentimeter saat dewasa. Di kanan adalah gambar artemia yang dibesarkan beberapa kali, dari laman Universitas Utah.

Artemia mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan ikan cupang untuk berkembang biak (protein, vitamin, dan asam amino). Udang jenis ini juga mudah untuk dipelihara.

Kamu tidak akan kesulitan menemukan artemia di toko-toko online.

3. Cacing darah, hidup atau beku

Cacing darah adalah larva dari lalat pengusir hama dan dapat ditemukan di kolam dan kolam air. Cacing darah menjadi salah satu makanan yang disukai ikan cupang di alam liar.

Tapi jangan jadikan cacing darah sebagai makanan tunggal bagi ikan cupang, karena kurang kandungan asam amino.

Di sisi lain cacing darah punya kandungan zat besi yang tinggi, membantu menghasilkan warna merah cerah pada cupang.

Bagi yang geli melihat geliatan cacing, cacing darah juga tersedia dalam bentuk gel atau kering.

4. Lalat buah, hidup atau beku

Lalat buah adalah binatang yang sangat menyebalkan. Tapi bagi pemelihara ikan cupang mereka adalah stok makanan ikan cupang yang baik.

Meskipun kelihatannya mudah menangkap lalat buah dengan berbekal potongan pisang atau buah lainnya, tapi jangan dilakukan. Lebih baik membelinya dari penjual yang punya reputasi bagus.

Sekali lagi masalahnya adalah potensi parasit yang bisa bikin si betta fish sakit.

5. Udang rebon, hidup atau beku

Udang rebon atau mysis adalah pilihan bagus lainnya buat ikan cupang. Hewab ini ini kaya serat, yang akan membantu pencernaan ikan cupang.

Kalaupun ikan cupangmu suka pilih-pilih makanan, biasanya mereka tidak bisa menolak udang rebon. Kandungan gizi udang rebon juga lebih bagus dari artemia, karena mengandung kelembaban tinggi dan asam amino.

Berapa banyak & seberapa sering memberi makananan ikan cupang?

betta fish atau ikan cupang sedang makan

Instruksi di kemasan makanan ikan cupang seringkali dianggap banyak yang menyesatkan.

Ingat, ikan cupang rentan dengan masalah lambung. Selain itu air akuarium juga perlu dijaga tetap ideal dan bersih dari bekas makanan.

Limbah makanan dan kotoran ikan bisa memproduksi limbah amonia yang membuat air akuarium jadi sangat beracun bagi ikan cupang.

Pelet ikan cupang (2-4 butir, 1-2 kali sehari)
Makanan hidup, beku, atau kering (2-3 buah, 1-2 kali sehari)

Ikan cupang dewasa cukup dikasih makan sekali sehari. Sementara bayi cupang atau burayak bisa diberi makan dua kali sehari.

Biar lebih jelas, ingat bahwa ukuran perut ikan cupang kira-kira cuma sebesar matanya sendiri. Mereka tidak butuh terlalu banyak makan. Pemberian makan tambahan mungkin diperlukan tergantung pada tingkat aktivitas dan kepribadian ikan cupang.

Tentu saja ikan cupang bakal makan berlebihan jika kita berikan terus. Tapi kebiasaan ini bisa membuat mereka sembelit, kembung, obesitas, masalah kandung kemih, bahkan kematian.

Jadwal Makan Ideal:

Senin: Pelet ikan cupang (2-4 pelet, 1-2 kali sehari)
Selasa: Hidup, beku, atau beku-kering (2-3 buah, 1-2 kali sehari)
Rabu: Pelet ikan cupang (2-4 pelet, 1-2 kali sehari)
Kamis: Pellet ikan cupang (2-4 pellet, 1-2 kali sehari)
Jumat: Hidup, beku, atau beku-kering (2-3 potong, 1-2 kali sehari)
Sabtu: Pelet ikan cupang (2-4 pelet, 1-2 kali sehari)
Minggu: Puasa untuk menjaga keteraturan pencernaan

Selalu bersihkan sisa makanan ikan cupang yang jatuh ke dasar akuarium. Ini akan mencegah penumpukan amonia dan potensi munculnya penyakit berbahaya akibat pembusukan makanan.

Sebaiknya Anda juga tidak memberi makan ikan cupang satu hari dalam seminggu, untuk memberi waktu pada saluran pencernaan mereka untuk memproses makanan sepenuhnya.

Kalau kamu pergi selama satu atau dua hari, jangan tuangkan makanan tambahan. Ikan cupang tahan puasa selama itu. Yang lebih berbahaya buat mereka justru makan terlalu banyak

Ikan cupang bisa bertahan tanpa makanan selama 14 hari. Oleh karena itu lebih baik melatih mereka puasa sehari setiap pekan, ketimbang memberi mereka makan ekstra.

Bagaimana kalau ikan cupang ogah makan?

Jangan buru-buru khawatir. Kurangnya nafsu makan bisa jadi karena mereka belum lapar atau baru mengalami beberapa jenis stres. Ingat cupang dapat bertahan hingga 14 hari tanpa makanan.

Air yang terlalu dingin, di bawah kisaran suhu 24,5-27 derajat celcius, bisa menyebabkan ikan cupang menjadi lesu dan memperlambat metabolismenya.

Metabolisme yang lebih rendah berarti mereka akan membutuhkan lebih sedikit makanan. Seiring bertambahnya usia ikan cupang, mereka juga akan menjadi kurang aktif dan mungkin makan lebih jarang. Ini normal.

Ogah makan bisa juga menjadi tanda penyakit. Sama seperti saat kita sakit. Pastikan untuk memantau gejala-gejala penyakit, dan mulai perawatan ikan cupang yang tepat sesegera mungkin.

Setelah cupang pulih, nafsu makannya juga akan kembali.

Satu lagi. Seperti disebut di atas, cupang suka pilih-pilih makanan. Kalau kamu melihat ikan cupang memuntahkan makanannya, atau tidak tertarik, mungkin kamu perlu jenis atau merek makanan lain.

Tambahan

Ada mitos mengatakan bahwa makanan hidup bisa menyebabkan sembelit dan kembung pada cupang. Tapi ini biasanya terjadi karena kurangnya serat dalam makanan ikan cupang, atau malah karena terlalu banyak makan.

Ikan cupang bisa makan meski tidak lapar. Di alam liar, ikan cupang mungkin tidak tahu kapan makan berikutnya, jadi naluri mereka adalah terus makan selama makanan tersedia.

Berdasar urutan, makanan ikan cupang terbaik adalah makanan hidup, makanan beku, makanan kering, pelet cupang, dan betta flakes. Memberi variasi makan akan memberi asupan nutrisi yang dibutuhkan ikan cupang untuk berkembang biak.

Berapa banyak yang harus diberikan untuk makanan ikan cupang tergantung pada tingkat aktivitas masing-masing, tetapi 2-3 pelet untuk 1-2 kali sehari adalah jumlah yang aman. Biasakan mengikuti jadwal makan yang teratur.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *